Pemda Konsel Siapkan Kuota Umrah Gratis 25 Orang Tahun Ini

WIBUNESIA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Konsel, menyelenggerakan ibadah umrah gratis bagi masyarakat kurang mampu, Senin (4/11).

kegiatan ini sejalan dengan program Pemda Konsel, yakni peningkatan iman dan taqwa menuju Konsel yang religius, adapun peserta yang akan diseleksi untuk mengikuti umrah gratis tersebut, yakni berasal dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan, Imam Masjid, Guru mengaji, serta Tokoh masyarakat yang telah banyak membantu pemerintah mengurangi buta baca Al-Qur’an.

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan, program ini sudah kali kedua dilaksanakan, yang mana pada Tahun lalu pemda Konsel memberangkatkan sebanyak 20 orang dan Insyaallah Tahun ini 25 orang.

“Ini memang kita fokuskan untuk masyarakat tidak mampu, salah satu contoh ada janda yang setiap hari membersihkan masjid, imam masjid yang tanpa pamrih, itu sudah lama saya perhatikan sehingga kita berangkatkan juga, saat mengetahui mereka sempat menangis haru, begitu pula yang lainnya,” jelasnya.

Program ini, sambung Surunuddin, akan menjadi agenda Tahunan bagi Pemda Konsel, saat ini Pemda telah mendata mana masyarakat yang betul-betul tidak mampu. Jadi selain umrah gratis Pemda juga siapkan dana pendidikan bagi yang tidak mampu, rehab rumah dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Konsel, Hamlin Ode Makka, menjelaskan, peserta umroh gratis akan melalui tahapan seleksi berkas dan wawancara serta kriteria yang telah ditentukan oleh panitia Kabupaten.

“Sebelumnya tahapan seleksi penerimaan reward umrah gratis ini sudah berjalan ditiap Kecamatan. Sehingga tiap Kecamatan mengirimkan satu perwakilannya dibawa ke Kabupaten untuk seleksi lanjutan,” terangnya.

Untuk Tahun ini, lanjut Hamlin, Pemda Konsel menyiapkan kuota umrah gratis untuk 25 orang, yang mana Tahun sebelumnya hanya 20 orang saja.

“Siapa yang nantinya lolos seleksi, maka setiap peserta akan diberikan bantuan biaya berupa uang senilai Rp. 30.000.000 juta, dengan by transfer direkening masing-masing. Itu sudah termasuk uang saku dan tiket pulang pergi,” rincinya.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here