150 Warga Ranbar Ikut Diseminasi Kelitbangan

WIBUNESIA.COM, ANDOOLO – Sebanyak 150 warga terpilih se-Kecamatan Ranomeeto Barat (Ranbar) mengikuti kegiatan Diseminasi Kajian Penelitian dan Pengembangan (Kelitbangan), yang diselenggarakan Balitbang Konsel di Balai Desa Jati Bali Kecamatan Ranbar, Kamis (31/10).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan, puluhan hasil penelitian individu maupun secara berkelompok, dibawah binaan Balitbangda Pemda Konsel. Dengan harapan kajian tersebut diketahui dan dimanfaatkan masyarakat luas.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menjelaskan kajian penelitian sebagai bagian pengembangan dan penerapan Iptek, yang juga merupakan ujung tombak maju berhasilnya suatu daerah. Sehingga penting untuk diseminasikan, agar masyarakat atau pengguna teknolgi bisa lebih faham keunggulan setiap karya.

“Tentunya, kita akan selalu mendukung penuh kegiatan ini dengan memfasilitasinya, agar masyarakat termotivasi untuk berinovasi dibidang pengembangan Iptek, yang nantinya dapat dimanfaatkan pemerintah, pelaku industri maupun masyarakat umum lainnya demi pengembangan wilayah Konsel yang lebih baik,” ujar Surunuddin.

Selain pengembangan Iptek, lanjut dia, dibawah kepemimpinannya ia terus meningkatkan pembangunan Infrastruktur demi memudahkan akses transportasi masyarakat, diantaranya pengaspalan Desa Jati Bali yang sebelumnya merasakan jalan beraspal tetapi puluhan tahun silam.

“Kita lakukan pengaspalan Desa ini sebagai bagian dari pengembangan wilayah, tentunya masyarakat patut mensyukurinya karena telah teraspal, setelah puluhan tahun merasakan jalan berlubang, yang mana Desa ini terakhir diaspal pada Tahun 1973 saat pertama kali terbentuk, itupun hanya beberapa ruas saja,” bebernya.

Sehingga dirinya berharap, khususnya masyarakat jati bali untuk terus berkarya dan berpartisipasi aktif mendukung penuh setiap program pemerintah yang telah dicanangkan, demi terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat.

“Kurang apa lagi perhatian Pemda Konsel terhadap masyarakat, dan nikmat apalagi yang engkau dustakan, sungguh terlalu jika masyarakat tidak mendukung penuh setiap program kerja pemerintah,” tukas Surunuddin sambil tersenyum yang disambut applause peserta yang hadir diacara tersebut.

Sementara itu dalam laporannya di hadapan Bupati, Kepala balitbang Konsel, I Putu Darta, mengatakan bahwa ada puluhan hasil penelitian dibawah binaan Balitbangda, olehnya perlu diseminasikan sekaligus mensosialisasikan kemasyarakat langsung, sesuai sosiogeografis masyarakat atau sesuai potensi unggulan Desa.

“Salah satu contohnya pupuk buatan dari urine, untuk mengatasi kelangkaan pupuk, sekaligus menghemat pengeluaran karena harga bersaing serta memiliki keunggulan lebih dari produk lainnya,” ungkap Putu.

Ia menambahkan bahwa semoga dengan adanya kegiatan diseminasi ini dapat memberi dampak, terhadap masyarakat dan pemerintah demi kemajuan daerah itu sendiri.

Selain terkait hal diatas, disela-sela acara ia juga mengatakan, bahwa atas nama seluruh masyarakat, khususnya Jati Bali menyampaikan terimakasih atas perhatian Bupati karena telah menghitamkan jalan Desa dan menetapkan sebagai Desa Adat.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here