SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO –  Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan (Konsel), H. Sjarif Sajang membuka sosialisasi wakaf tentang urgensi wakaf dalam pembangunan yang diselenggarakan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) perwakilan Konsel. Sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus BWI Konsel masa jabatan 2019 – 2022 oleh pengurus BWI Provinsi Sultra, H. Thamrin, Rabu (2/10).

“Wakaf merupakan khazanah Islam yang sarat akan makna sosial dan disyariatkan, sebagai simpul sosial bersama instrumen sosial lainnya seperti zakat, infaq dan sedekah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sjarif Sajang.

Ditengah permasalahan sosial masyarakat yang kompleks dan tuntutan kehidupan adi makmur sesuai amanat UUD 1945, lanjut dia menjadikan peran wakaf sangat penting membangun peradaban umat Islam di Indonesia, disamping sebagai salah satu asfek ajaran Islam di bidang spiritual.

“Wakaf merupakan ajaran agama yang menekankan pentingnya kesejahteraan ekonomi (dimensi sosial), dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk mendukung kegiatan sosial, pendidikan, dan dakwah melalui manfaat dari hasil pengelolaan wakaf,” terangnya.

Untuk mendukung hal tersebut, sambung Sjarif, Pemda Konsel akan mencanangkan gerakan program “Konsel Berwakaf” dengan melibatkan seluruh masyarakat di daerah didahului para pejabat dan pembesar di Kabupaten ini. Tentu harus didahului dengan perencanaan dan kajian mendalam terhadap peraturan yang berlaku.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Konsel, Adnan Saufi berharap agar pengurus BWI yang baru dilantik dapat membangun sinergitas dengan Pemda dan Kemenag, serta memperbaiki data-data wakaf yang ada dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan amanah.

Sementara itu, Pengurus BWI Prov Sultra, H. Thamrin menghimbau kepada pengurus BWI Konsel agar bekerja maksimal dan tuntas, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah melalui Kemenag dengan selalu mensosialisasikan program kerja BWI kepada masyarakat dan melakukan pendataan tanah wakaf sebaik mungkin.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here