SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konsel melalui Bidang pendidikan Dasar (Dikdas), kini tengah mendistribusikan sebanyak 876 formulir ijasah, dibeberapa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten itu, yang mana beberapa waktu lalu mengalami kekurangan ijasah, Rabu (2/10).

Hal itu diungkapkan, penanggungjawab ijazah Dikdas Dikbid Konsel, Erwin Mangidi kekurangan itu khususnya SD yang telah melaksanakan ujian nasional pada Tahun pembelajaran 2018-2019, dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

“Kekurangan itu, saat ini kita sementara mendistribusikannya kebeberapa sekolah yang masih kurang waktu lalu, jumlahnya sekitar 876 lembar,” ungkapnya.

Lanjut Erwin yang juga Kepala Seksi Dikdas Dikbud Konsel ini, adapun yang menjadi penyebab kekurangan ijasah tersebut, diakibatkan pada saat pendataan siswa peserta didik yang mengikuti ujian saat itu menggunakan by sistem.

“Pada saat ujian kemarin SD di Konsel menggunakan dua opsi kurikulum, yakni kurikulum 13 (K13) dan KTSP. Dan pada saat distribusi ijazah dari Kemendikbud yang diterima di kantor pos pada bulan Juli lalu, diketahui terdapat kekurangan yang kurikulum KTSP.  Dengan jumlah kekurangannya sekitar 876 lembar,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Erwin, dari kekurangam itu pihak Dinas kembali melakukan pengusulan dipusat, dan Allhamdulillah kekurangan itu dipenuhi dan saat ini sedang didistribusikan kepada sekolah yang bersangkutan.

“Untuk tahun 2019, jumlah peserta didik yang telah menamatkan pendidikan SD di Konsel berjumlah 6.222 siswa. Jumlah itu lanjut dia sesuai yang terdata dan tervalidiasi di sitem. Dari jumlah itu, sambung dia, peserta didik yang menggunakan K13 berjumlah 2.462 siswa. Sementara yang berbasis KTSP berjumlah 3760 siswa,” rincinya.

Dirinya berharap khususnya sekolah yang belum mendapatkan formulir ijazah tersebut agar segera berkordinasi di Dinas Dikbud Konsel. Apa lagi ini untuk kepentingan para siswa yang hendak melanjutkan pendidikan lanjutan.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here