SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konsel H Surunuddin Dangga bersama wakilnya Dr. H Arsalim Arifin, kini tengah membangun terowongan box culvert yang menjadi saluran air tembus kaki gunung di Desa Lamokula Kecamatan Moramo, hal itu untuk mengatasi banjir yang sudah menjadi langganan setiap Tahunnya, Minggu (29/9).

Untuk memastikan Desa itu aman dari bencana banjir, Box culvert tersebut dibangun sepanjang 200 meter hingga ke hilir laut. Hal itu dipastikan ketika kedua pimpinan daerah ini menyempatkan diri untuk memantau kondisi pembangunan terowongan itu.

“Dari hasil pantauan kami dilapangan, Allhamdulillah pekerjaan itu sudah hampir selesai, dan dipastikan Tahun ini bisa rampung,” ungkap Surunuddin.

Lanjut Surunuddin, solusi terbaik untuk Desa Lamokula yang sering dilanda banjir, adalah pembangunan terowongan dengan tinggi 1,5 meter.

“Salah satu penyebab banjir di Desa Lamokula setiap tahunnya, adalah air yang selalu tergenang dikaki gunung di wilayah itu. Sehingga meluap dan masuk wilayah pemukiman,” jelasnya.

Surunuddin menambahkan, untuk sumber anggaran pembangunan saluran air atau terowongan raksasa itu, murni dari APBD Konsel Tahun 2019. Dengan total anggaran sekira Rp 3 Miliar. Dan dikerjakan swakelola oleh rekan-rekan PU.

“Jadi kita beli box yang sudah jadi, baru kita tanam disitu, setelah kita pantau Allhamdulillah sisa sekitar 40 meter lagi baru tembus ke laut, saya berharap, dengan adanya box terowongan itu masyarakat tidak lagi terdampak banjir,” harapnya.

Ini juga tambah dia, adalah upaya sedini mungkin, dengan selalu berfikir solusi supaya tidak ada korban lagi. Pihaknya minta agar masyarakat bersama menjaga pemeliharaannya nanti.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here