SUARAWONUASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi anggota Pramuka dalam memeriahkan HUT RI ke-74 dan hari Pramuka ke-58 Tahun 2019, Kwartir Cabang Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Perkemahan Akbar di sekitar lapangan sepak bola – Andoolo, Sabtu (17/8).

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup, H. Arsalim Arifin, dan Kadis Dikbud, H. Saifuddin. Yang diikuti 567 peserta utusan anggota Pramuka gugus depan dari 34 sekolah mulai tingkat SD, SMP, Madrasah Tsanawiyah ( MTSN), maupun Madrasah Aliyah (MAN) se-Konsel.

Perkemahan akan diisi dengan kegaitan Taptu, Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan penurunan bendera, dan tekhik ke Pramukaan, sistem beregu, seni khas Pramuka. Serta permainan yang mengandung unsur pendidikan.

“Kita bersyukur hari ini dapat menyelenggarakan Perkemahan Akbar ini dalam rangka menyongsong Kemerdekaan, sekaligus bertujuan untuk merekatkan semangat persatuan dan persaudaraan sesama anggota Pramuka,” ujar Surunuddin.

Selaku majelis pembimbing, Ia menyampaikan selamat dan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta atas terselenggaranya kegiatan ini, yang merupakan tempat untuk membina kesabaran, karakter dan kemampuan intelektualnya, sebagai calon pemimpin masa depan.

“Mendukung kegiatan ini, saya akan berusaha untuk mendirikan lokasi perkemahan yang permanen dan lebih baik, lengkap dengan fasilitasnya,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga menghimbau, agar peserta dalam melaksanakan kegiatan harus berpegang teguh dengan pendiriannya dan berperilaku sesuai dengan Dasa dharma dan janji sumpah Tri Satya Pramuka, dan berharap perkemahan selalu dilaksanakan bukan hanya pada hari besar saja.

“Dengan Pramuka ini, saya berharap dapat mengembangkan SDM dan karakter yang lebih baik, Salam Pramuka, Merdeka,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kadis Dikbud, Saifuddin mengatakan bahwa tujuan perkemahan adalah, memberikan bekal pengetahuan, bagimana hidup di alam terbuka yang dapat mengatur dirinya sendiri, kesederhanaan, membangkitkan sistem among dan kemampuan fisik peserta dalam menghadapi kondisi lingkungan dewasa ini.


Reporter : 54PU

Publisher : ASTA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here